September 16, 2018

9 Makanan Khas Yogyakarta Yang Terkenal Enak dan Murah

Ketika Anda datang untuk perjalanan wisata ke kota Yogyakarta, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas kota pelajar yang tentunya tak kalah jika dibandingkan dengan kota lain. Berikut daftar makanan khas Yogyakarta yang terkenal dan patut Anda coba.



Mie lethek 

Sama seperti warnanya, tampilan warna mie yang satu ini bisa dikatakan tidak terlalu menggugah selera, tetapi jika ditanya soal rasa, dijamin Anda akan ketagihan setelah sekali mencicipinya. Mie lethek adalah mie asli Gunungkidul yang dibuat dari bahan tepung ketela tanpa pengawet. Mie lethek biasanya dimasak secara rebus atau goreng dengan tambahan tauge, telur, dan aneka ragam sayuran.

Gudeg

Jika Anda berkunjung ke kota Jogjakarta, gudeg adalah jenis makanan yang patut Anda coba. Sekarang ini, ada banyak restoran Gudeg di Jogjakarta yang bisa didatangi, terutama di kawasan UGM, Malioboro, dan Pakualaman. Di masing-masing restoran, gudeg ada yang disajikan lengkap dengan potongan ayam, telur, krecek, serta areh. Jika Anda ingin membawa pulang untuk oleh-oleh teman atau keluarga yang ada di luar kota, Anda juga bisa membeli gudeg dalam bentuk kaleng atau besek yang umumnya tahan hingga 7 hari.

Bakpia pathuk

Bakpia pathuk juga merupakan oleh-oleh yang tidak mungkin Anda lupakan ketika Anda berada di kota Jogjakarta. Kue ini tersaji dalam bentuk basah maupun kering dengan isian kacang hijau, kacang merah, coklat, durian, dan lainnya. Untuk kota Jogjakarta sendiri, produsen bakpia yang terkenal adalah bakpia 25 dan bakpia 75.

Nasi tiwul dan gathot

Nasi tiwul dan gathot adalah jenis makanan khas Gunungkidul yang cocok Anda coba, terutama ketika Anda termasuk penyuka masakan pedesaan. Makanan yang terbuat dari bahan alami ketela ini memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga saat Anda mengkonsumsinya bersama dengan parutan kelapa, bisa dipastikan Anda akan merasa cukup kenyang untuk waktu yang lama.

Peyek tumpuk

Bagi penggemar peyek, terutama peyek kacang, cobalah untuk mengkonsumsi peyek tumpuk yang bercitarasa gurih ini. Ketika Anda mengkonsumsi peyek ini bersama dengan makanan hangat seperti soto atau sop, dijamin citarasanya akan membuat Anda ketagihan dan tidak mau berhenti.

Belalang goreng

Ketika Anda hendak berwisata ke area Gunungkidul terutama di kawasan pantai, Anda akan menjumpai penjual belalang goreng yang digantung di sepanjang tanjakan sebelum area pantai. Meskipun terlihat menjijikkan, citarasa belalang goreng ini tidak kalah dengan citarasa masakan daging hewan yang umum dikonsumsi dalam bentuk sate atau tengkleng. Daging belalang juga disinyalir mengandung protein tinggi dan baik untuk pecinta diet makanan rendah lemak. 

Tengkleng gajah

Jika mendengar namanya, bukan berarti Anda akan mengkonsumsi tengkleng yang dibuat dari bahan dasar daging gajah, melainkan daging kambing yang disajikan dalam porsi sangat besar. Tengkleng bisa dinikmati dalam bentuk tengkleng goreng atau tengkleng tongseng. Namun demikian, jika Anda takut kolesterol Anda naik, mungkin Anda bisa mencicipinya bersama keluarga besar saat berkunjung ke kota Jogjakarta.

Sate kere

Sate kere adalah makanan berbumbu rempah yang diolah dari bahan dasar gajih atau lemak sapi. Umumnya, makanan ini dijual dengan harga sangat terjangkau dan bisa Anda temui di kawasan pasar Beringharjo, Malioboro.

Soto bathok

Bagi penggemar soto, Anda bisa mencoba soto bathok yang dijual di area Sambisari Kalasan. Dengan harga yang sangat murah, Anda bisa menikmati seporsi soto di dalam bathok kelapa bersama potongan daging sapi, tempe, dan makanan pelengkap lainnya. Semoga informasi diatas bisa menjadi tambahan referensi untuk mencoba makanan khas Yogyakarta yang terkenal. (RR)

You Might Also Like

0 komentar