September 13, 2020

Rekomendasi Wisata Alam di Banten yang Wajib Dikunjungi

Wisata alam Banten menjadi magnet pariwisata di provinsi Banten. Keindahan alam serta keragaman budaya dan kulinernya sangat sayang untuk dilewatkan.

Secara geografis Banten tidak banyak memiliki dataran tinggi. Provinsi Banten lebih didominasi kawasan pesisir, pantai, hingga laut yang menjadi daya tarik wisatawan. Berikut rekomendasi tempat rekreasi di Banten yang wajib dikunjungi. 



Tempat Wisata di Provinsi Banten

Banten merupakan pemekaran dari wilayah Jawa Barat. Sejak menjadi provinsi baru, sektor pariwisata Banten terus berkembang.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Di Tempat ini wisatawan dapat melihat satwa langka yang hampir punah, yakni badak Jawa. Selain menyaksikan badak Jawa, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan outdoor dan camping.

Pulau Burung dan Pulau Dua 

Lokasi Pulau Burung dan Pulau Dua masih berada di sekitar cagar alam. Magnet wisata di kedua pulau ini adalah pantainya yang biru dan hamparan pasir putih yang lembut. Selain itu, Pulau Burung dan Pulau Dua juga menjadi tempat singgah burung-burung liar yang bermigrasi. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata di Banten ialah musim panas. Yakni sekitar bulan April hingga Agustus. 

Pantai Anyer 

Banten mempunyai pantai yang tidak kalah indah dari tempat wisata di Sanur Bali. Salah satunya adalah Pantai Anyer. Berkat hamparan pasir putihnya yang lembut dan birunya air laut, Pantai Anyer menjadi wisata alam paling populer di Serang, Banten. 

Wisatawan dapat menikmati berbagai kegiatan menarik saat berkunjung ke Pantai Anyer. Mulai dari bermain watersport, berenang, hingga menikmati sunrise dan sunset. 

Pantai Karang Bolong

Bagi pecinta pantai, Pantai Karang Bolong wajib untuk dikunjungi. Pasalnya tempat wisata di kota Serang ini mempunyai panorama yang mengagumkan berupa tebing karang dengan lubang ditengahnya. Lubang pada tebing ini mempunyai diameter 50 meter. Menariknya lagi, pengunjung dapat menikmati birunya air laut dari atas lubang. 

Batavia Splash Water Adventure

Tempat rekreasi di Serang selanjutnya adalah Batavia Splash Water Adventure. Tempat bermain ini mempunyai berbagai wahana yang menarik. Tarif masuk Batavia Splash Water Adventure terbilang murah. Cukup dengan membayar sekitar RP. 17.500. Akan tetapi, untuk menikmati fasilitas dan berbagai wahana di dalamnya, pengunjung akan dikenai biaya tambahan. 

Tempat Wisata di Anyer Selain Pantai

Anyer terkenal dengan pantainya yang memesona. Mulai dari Pantai Pasir Putih Florida, Pantai Anyer, Pantai Cibeureum, Pulau Tunda, Pulau Sangiang, dan lain sebagainya. Bahkan keindahan pantai di Banten tidak kalah dari pantai-pantai di Bali. Meski begitu, Anyer mempunyai wisata alam yang tidak kalah menarik dari tempat wisata Bali selain pantai.

Curug Cikotak

Sesuai dengan namanya, wisata alam di provinsi Banten ini mempunyai bentuk persegi pada penampungannya. Suasana wisata alam Banten yang masih asri ini menjadi tempat yang pas bagi wisatawan untuk melepas penat. Untuk menikmati keindahan Curug Cikotak, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. 

Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara menjadi tempat wisata di kota Serang berikutnya. Vihara yang dibangun sejak abad ke 16 M ini merupakan vihara tertua di provinsi Banten. Vihara ini mempunyai arsitektur yang memukau. Salah satunya adalah pada bagian gerbang yang berhiaskan dua naga yang sedang memperebutkan matahari. Lebih lanjut, Vihara Avalokitesvara merupakan tempat ibadah bagi pemeluk tiga kepercayaan. Yaitu Buddha, Kong Hu Cu, dan Taoisme. 

Museum Negeri Banten

Museum Negeri Banten adalah bekas kantor Residentie Van Bantam pada masa kolonial. Arsitektur bangunan museum ini juga kental akan gaya kolonial. Museum yang kini menyimpan berbagai koleksi keris pusaka, keramik, arca, fosil badak bercula satu, dan berbagai informasi kebudayaan Banten ini pernah dijadikan gedung pemerintah pada saat Jepang berkuasa di Indonesia. Jam operasional Museum Negeri Banten mulai dari pukul 08.00 – 16.00. 

Upside Down World Alam Sutera

Bagi Anda yang mencari tempat wisata wow Tangerang dan kekinian, Upside Down World Alam Sutera bisa menjadi pilihan pas. Apalagi untuk Anda yang hobi fotografi. Tempat wisata ini mempunyai ruangan bertema terbalik yang bisa digunakan untuk berfoto-foto. Untuk menikmati wahana di tempat ini, pengunjung dikenai biaya sekitar Rp. 70.000. Lokasi tempat wisata foto ini terletak di Jl. Alam Sutera Boulevard, Pakulonan, Tangerang Selatan. 

Jelajahi Banten Sambil Berwisata Kuliner

Berkunjung ke suatu daerah tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner setempat. Begitu pun saat ke Banten. Setelah puas mengunjungi wisata alam Banten, saatnya untuk menikmati kuliner khas Banten. 

Nasi Sumsum

Kuliner khas yang harus dicoba saat berkunjung ke Banten adalah nasi sumsum. Kuliner khas ini merupakan campuran sumsum tulang kerbau dan nasi. Sayangnya makanan khas ini tergolong langka. Meski begitu, Anda masih bisa menemuinya di beberapa rumah makan. 

Pecak Bandeng

Walaupun termasuk hidangan sederhana, Pecak Bandeng harus Anda coba jika berkunjung ke Banten. Pecak Bandeng terdiri dari gabungan ikan bandeng dan pecak. Pecak sendiri adalah sambal pedas yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya. 

Rabeg 

Rabeg adalah kuliner khas Banten yang terdiri dari daging dan jeroan kambing yang diolah dengan bumbu rempah-rempah. Mulai dari lengkuas, jahe, kayu manis, lada, dan lain sebagainya. 

Sate Bandeng

Selain Pecak Bandeng, kuliner khas Banten yang berbahan dasar ikan Bandeng berikutnya adalah sate Bandeng. Meskipun sate bandeng disajikan secara utuh, sate bandeng tidak mempunyai tulang sama sekali. Proses pengolahan sate bandeng adalah dengan pengasapan, dikukus, atau digoreng. 

Angeun Lada

Angeun Lada hampir mirip dengan Rabeg. Makanan khas Banten ini juga terdiri dari jerohan, balungan, ataupun daging. Angeun Lada biasanya disajikan bersama kuah. Selain itu, Angeun Lada juga dilengkapi dengan daging sapi atau daging kerbau.

Laksa Tangerang

Laksa Tangerang merupakan kuliner berbahan dasar mie dan bihun. Selain itu Laksa Tangerang juga dilengkapi kentang, kuah bersantan, suwiran ayam, dan telur rebus. 

Selain makanan khas, Banten juga mempunyai tempat wisata kuliner yang asyik untuk nongkrong. Salah satunya adalah HULUKALI. Tempat kuliner yang satu ini menawarkan harga terjangkau dan lokasi yang menarik sehingga cocok untuk dijadikan tempat nongkrong. Selain berbagai macam kuliner, tempat ini juga menyajikan kopi hingga cocktail. 

Disamping itu, Anda juga bisa berwisata kuliner sate jawara. Pada dasarnya sate jawara tidak jauh berbeda dari sate kebanyakan. Hanya saja, penyajian sate jawara lebih unik dan mempunyai cita rasa yang nikmat.

Nah, itulah rekomendasi tempat wisata dan kuliner khas yang harus Anda coba jika berkunjung ke Banten. Bagi pecinta pantai, Anda bisa mengunjungi berbagai pantai mempesona di Banten. Selama berkunjung ke wisata alam Banten dan sekitarnya tetaplah untuk menaati protokol kesehatan yang berlaku di tengah masa pandemi.


You Might Also Like

0 komentar