Februari 16, 2021

5 Pantai di Taman Nasional Ciletuh Geopark

Taman Nasional Ciletuh Geopark yang ada saat ini merupakan salah satu geopark global yang baru. Dan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai jaringan geopark global. Keindahan dan kekayaan geologisnya meliputi dataran tinggi, pantai hingga Geopark Ciletuh juga menjadi daya tarik wisata. Taman bumi di Kota Sukabun ini memiliki luas 128.000 dan setidaknya memiliki 5 pantai populer. Ini karena setiap pantai memiliki keunikannya masing-masing. Mulailah dengan pantai berpasir putih, garis pantai yang panjang dan berbagai atraksi menarik.

Harga tiket Geopark Ciletuh Sukabumi Untuk memasuki kawasan geopark, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Namun, untuk menikmati setiap perjalanan, Anda perlu membeli tiket tambahan. Meski masing-masing objek wisata masih dalam satu kawasan, namun tiketnya berbeda-beda. Meski begitu, harga tiketnya masih sangat terjangkau yaitu Rp3.000-Rp10.000.

Jam kerja Geopark Ciletuh Sukabumi Objek wisata ini bisa Anda nikmati kapan saja. Biasanya wisatawan memadati kawasan wisata dari pagi hingga malam hari. Hanya sedikit turis yang ada di sana pada malam hari. Biasanya mereka yang berencana untuk berkemah.

Taman Nasional Ciletuh Geopark

Salah satu wujud keanekaragaman geologi taman nasional ini adalah keindahan berbagai pantai di kawasan geopark tersebut. Meski berada dalam satu kawasan, namun pantai di Geopark Ciletuh tergolong unik. Berikut beberapa pantai yang bisa dipilih wisatawan.

Pantai Palangpang

Pantai Palangpang merupakan pantai pintu masuk pertama yang bisa ditemukan wisatawan di Geopark Ciletuh. Pantai ini merupakan simbol dari Geopark Ciletuh dan pintu masuk kawasan geopark. Karena merupakan pintu masuk, tempat ini memiliki fasilitas permainan yang lebih lengkap. Ada banana boat dan wahana lainnya. Selain menyediakan berbagai fasilitas rekreasi, pemandangan pantai juga sangat menakjubkan. Pengunjung bisa melihat air bersih. Dengan pasir putih kecoklatan, halus dan nyaman saat berjalan di atasnya. Ombaknya relatif kecil, sehingga Anda bisa bermain air atau berenang, terutama di musim kemarau. Jika Anda ingin berkemah di kawasan geopark, Anda juga bisa memilih Pantai Palangpang Area pantai bisa digunakan untuk membangun tenda. Lewat camping, pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dan terbenam. Karena pemandangan dari pantai ini sangat menakjubkan.

Pantai Cimaja

Bebatuan khas Pantai Cimaja terletak di tepi pantai. Batuan ini bukanlah bebatuan yang tajam, melainkan bebatuan sungai yang halus. Batuan ini tersebar di seluruh permukaan pantai, menggantikan pasir. Masih sangat nyaman untuk diinjak-injak tanpa alas kaki. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar. Sebab, tempat ini menjadi favorit para wisatawan yang ingin berselancar. Turis domestik dan mancanegara. Bahkan, tempat wisata ini kerap dijadikan ajang kompetisi selancar internasional. Air yang biru dan ombak yang tinggi membuat tempat ini menjadi favorit. Tidak diragukan lagi pantai ini bisa membudidayakan surfer asli Cimaja Dede Suryana yang bisa ditemui di pantai ini.

Pantai Pasir Putih

Di pantai ini pengunjung akan menyaksikan keunikannya. Pantai ini belum banyak tergerak oleh wisatawan. Hanya sedikit warga sekitar yang menghabiskan waktunya dengan sepeda motor. Atau hanya berjalan di sepanjang pantai. Kalaupun disebut pantai pasir putih, warna pasir di pantai ini masih coklat. Dengan pesona alamnya yang masih sangat asri. Hal unik yang ada di pantai ini terutama adanya hijaunya rerumputan di area pesisir pantai. Di sana, area berumput inilah tempat sapi-sapi lokal biasanya merumput.

Pantai Ujung Genteng

Di pantai ini pengunjung bisa menikmati pemandangan indah pasir putih dan laut biru yang luas. Di pinggir pantainya banyak terdapat pepohonan dan semak belukar. Pemandangan hijau yang sangat sejuk berubah menjadi bayangan saat bersantai di pinggir pantai. Ombaknya tergolong tempat favorit para peselancar pemula. Tidak banyak bebatuan yang menutupi pantai. Jadi para peselancar bisa berlatih dengan bebas di ombak yang bersahabat ini.

Pantai Pangumbahan

Di pantai ini pengunjung akan melihat pasir putih dan air biru. Ditambah dengan kawasan pantainya yang masih asri, dengan banyak kawasan berhutan. Jika ingin berselancar, ombak besar di pantai ini juga bisa menjadi pilihan. Selain itu tidak banyak bebatuan di kawasan pantai, sehingga aktivitas berselancar sangatlah aman. Di sini, wisatawan juga bisa berkemah. Mendirikan tenda di pinggir pantai merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain itu, melalui camping, pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Dan pemandangan matahari terbenam yang sama indahnya. Hal yang paling istimewa di pantai ini adalah penangkaran penyu hijau. Pengunjung bisa melihat banyak penyu dari berbagai usia. Bahkan jika beruntung, wisatawan juga bisa memasukkan ikan yang menetas atau ikan yang menetas ke laut. Melihat banyaknya penyu kecil yang terbang ke laut, Anda dapat melihat dengan jelas pemandangan pantai ini.

Untuk Fasilitas biasanya hanya ada toilet dan beberapa penjaja makanan. Nyatanya tidak ada warung makan di pinggir pantai, dan toiletnya jauh. Pasalnya lokasi ini masih belum banyak tergerak oleh wisatawan.


Lokasi bisa di search di Google Map "Geopark Ciletuh"



Geser untuk artikel lainnya >>>

0 komentar