Februari 15, 2021

Intip Indahnya Air Terjun Putuk Truno Jawa Timur

Kawasan Tretes Pasuruan dikenal sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler. Kawasan tersebut berada di kaki Gunung Arjuno-Welirang dan merupakan panorama alam yang sejuk. Tempat wisata berupa air terjun juga tersebar, seperti Air Terjun Kakek Bodo dan Air Terjun Putuk Truno. Air Terjun Putuk Truno adalah wisata air terjun lainnya yang tidak terlalu jauh dari keramaian kota. Selain mudah dijangkau, air terjun legendaris ini juga menyuguhkan keindahan alam yang masih alami.


instagram denqua


Tiket air terjun Putuk Truno Pasuruan

Tiket untuk kawasan wisata ini dibagi menjadi hari biasa, akhir pekan atau hari libur. Tapi jangan khawatir, karena harganya sangat terjangkau. harga tiket Rp 15.000 untuk hari biasa Liburan / akhir pekan Rp18.000.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di resor ini cukup lengkap. Tempat parkirnya sangat luas, dan ada toilet, gubuk dan banyak warung makan di sekitar air terjun. Ada juga booth selfie yang menyajikan pemandangan cantik dan Instagram banget.

Lokasi

Bila Anda mau kesini lokasi Air Terjun Putuk Truno bisa di cari di google map tepatnya di Jl Putuk Truno, Kec Prigen, Kab Pasuruan, Jawa Timur. Mobil pribadi roda dua dan roda empat bisa digunakan untuk mencapai lokasi ini. Bagi yang ingin naik bus besar secara berkelompok, jalan sempit perlu diperhatikan.

Jam kerja 

Sejak pagi hingga sore hari, objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari. Di akhir pekan dan hari libur, biasanya wisatawan memadati objek wisata ini. Jam kerja 07.30-16.00 WIB setiap hari

Ada Apa Saja sih?

Air Terjun Putuk Truno merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata di Kabupaten Pasuruan yang ada di Jawa Timur populer. Ini adalah salah satu dari banyak air terjun yang tersebar di kaki Gunung Arjuno-Welirang. Namun lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan raya dan mudah dijangkau. Air terjun ini memiliki tinggi 45 meter dan memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Aliran air yang deras ditutupi oleh hutan yang tidak tercemar dan udara dataran tinggi yang sejuk. Selain keindahannya, Air Terjun Putuk Truno juga menghadirkan cinta abadi bagi dua sejoli.

Terdapat Hutan yang sejuk

Memasuki kawasan jalan yang menanjak, suasana hutan yang asri akan langsung menyambut Anda. Di sepanjang jalan, deretan pohon menjadi bagian dari cagar alam yang melindungi mata dan udara. Rasa capek dan penat akan langsung tergantikan dengan suasana sejuk hutan yang menenangkan hati. Wisatawan harus memasuki jalan ini dari tempat parkir. Ini bukanlah jalan licin yang ditutupi tanah merah, melainkan jalan yang diaspal dengan pasangan bata dan dihiasi tanaman hias di kedua sisinya. Oleh karena itu, pengunjung tidak perlu khawatir dengan faktor keamanan dan kenyamanan. Perlu diperhatikan bahwa jalan inisiasi di sebelah kanan adalah hutan, sedangkan di sebelah kanan adalah jurang. Jangan lengah karena keindahan panorama hutan dan tebing! Jika lelah silahkan istirahat di tempat yang telah disediakan.

Wisata Alam

Jika air terjun alami biasanya berada jauh di dalam hutan dan sulit dijangkau, berbeda dengan Air Terjun Putuk Truno. Meski dikelilingi hutan lebat, objek wisata ini mudah dijangkau. Pengunjung tidak perlu tenaga ekstra, seperti pendakian atau endurance puluhan menit, dan bisa mengambil rute ekstrim. Untuk mencapai pintu masuk, pengunjung akan melewati jalan menanjak yang cukup terjal. Jalan ini sebenarnya mudah dilalui kendaraan seperti mobil, bus, motor dan sepeda. Namun, karena lebar jalan dan lereng yang melelahkan, mungkin perlu lebih berhati-hati dengan bus dan memperhatikan kondisi pengereman. Kecenderungan ini juga menarik untuk menguji ketahanan bersepeda.

Air Terjun yang super Keren

Anda dapat segera mencapai lokasi air terjun. Setelah berjalan sekitar 10 menit, pengunjung sampai di Air Terjun Putuk Truno. Air terjun setinggi 45 meter mengalir dari atas tebing di lokasi yang tersembunyi. Lokasinya seperti terselip di antara dinding tebing melengkung yang dihiasi hutan alam yang lebat. Karena arus yang besar, akan berbahaya jika Anda mendekati air terjun. Tapi yakinlah, setetes air tersebut akan membentuk danau dangkal di dasarnya. Danau ini dihiasi sebaran batuan alam dan memiliki air yang sangat jernih dan bersih. Objek wisata ini telah dikelola dan dirawat dengan baik, sehingga bersih dan nyaman untuk rekreasi dan hiburan. Anda bisa berpiknik sambil menikmati indahnya air terjun di kejauhan. Ada juga anjungan bambu yang memberikan pemandangan air terjun terbaik.

Mitos

Keberadaan air terjun ini telah diwariskan secara turun-temurun, tidak berbeda dengan legenda dan mitos. Dipercaya bahwa pasangan di bawah air terjun memiliki hubungan yang kekal. Konon hal ini dikarenakan Pruto Truno adalah tempat pertemuan Maya Pachit Pangeran Yoko Taruno dan putri penguasa Madura, Putri Sri Gadin Lestari. Alkisah, Raja Hayam Wuruk dan seorang wanita ub memiliki seorang anak bernama Joko Taruno. Kemudian, pangeran dari Maya Pasit dan seorang putri bernama Putri Sri Gading Lestari saling jatuh cinta. Ayah putrinya, Raja Arya Wiraraja, tidak menyetujui hubungan ini. Sang putri dideportasi dan bertapa di air terjun Coban Baung di Pwodadi. Joko Taruno juga bermeditasi di Putuk Truno untuk memberdayakan dirinya untuk melepaskan dan kembali bersama putrinya. Atas desakannya, Joko Taruno berhasil bersatu kembali dengan kekasihnya dan membawanya ke Putuk Truno. Legenda ini memunculkan mitos bahwa Air Terjun Putuk Truno dapat memperkuat kecintaan para pecinta.


Geser untuk artikel lainnya >>>

0 komentar